Senin, 27 Agustus 2012

Prog sms [Dakwah] Mei 2012

0 komentar
Program sms [Dakwah]  " BULAN MEI 2012 "
==================================

Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta'ala, kami memuji, meminta pertolongan dan ampunan kepada-Nya. Kami berlindung kepada Allah subhanahu wa ta'ala dari kejahatan diri dan keburukan perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah subhanahu wa ta'ala,, maka tiada orang yang bisa menyesatkannya. Barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka tiada orang yang bisa memberikan hidayah kepadanya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi bahwa Muhammad  adalah hamba dan utusan-Nya. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada beliau, keluarga dan sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti jejak mereka dengan baik hingga hari kiamat. Amma ba’du, berikut ini adalah karya dari prog sms [Dakwah], semoga bisa bermanfaat untuk umat. . .

=============================================================================

01 Mei 2012
[Dakwah]
Rasulullah shalallahu alahi was salam bersabda, "Sebaik-baik manusia  adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia"
=> Marilah kita majdi org yg bisa bermanfaat utk org lain, krn itu adlh yg terbaik diantar kalian.
[Buku Mendidik Buah hati]

02 Mei 2012
:Al-Hafizh Ibnu Rojab berkata: "istighfar yang sempurna yang bisa mendatangkan ampunan Alloh Ta'ala adalah istighfar yang diiringi dengan meninggalkan dosa."(Jami'ul Ulum wal Hikam 2/410)
[sms center AL-ILMU]

03 Mei 2012
[Dakwah]
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang datang kepada dukun (tukang ramal), lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak akan diterima shalatnya selama 40 (empat puluh) malam." (HR. Muslim, no. 2230 (125)
=> Sangat merugi org yg mempercayai tukang ramal, dukun dll krn hal itu perbuatan syirik, dan dosanya cukup besar.
[sms center AL-ILMU]

04 Mei 2012
[Dakwah]
Al-Hafizh Ibnu Rojab berkata: "istighfar yang sempurna yang bisa mendatangkan ampunan Alloh Ta'ala adalah istighfar yang diiringi dengan meninggalkan dosa."(Jami'ul Ulum wal Hikam 2/410)
=> Berdzikir kpd Allah dan iringilah dengan meninggalakn dosa agar engkau termasuk org bertaqwa.
[sms center AL-ILMU]

05 Mei 2012
[Dakwah]
Ibnu Abbas rodhiyallohu 'anhuma berkata: "Orang yg minta ampun dari dosa tapi dia masih mengerjakan dosanya, ibarat org yg bermain-main dan melecehkan Robb-nya"(Jami'ul Ulum wal Hikam 2/409, Ibnu Rojab)
=> Org yg bertabat, tetapi msh mengulangi dosa dan maksiat, itu tandanya tobatnya blm semperna, takutlah pd Allah agr engkau selamt dr siksa api neraka.
[sms center AL-ILMU]

06 Mei 2012
[Dakwah]
Dari Aisyah rodhiyallohu anha berkata: "Aku bertanya kepada Rasululloh sholallahu alaihi wa salam : "Wahai Rasululloh aku mempunyai 2 tetangga, kpd siapakah aku memberi hadiah? Beliau menjawab: "Kepada yg paling dekat pintunya kepadamu".(HR Bukhori 6020)
=> Berilah yang paling dekat diantara tetanggapu, agar engkau termasuk org yg bertaqwa.
[sms center AL-ILMU]

07 Mei 2012
[Dakwah]
Puasa romadhon termasuk rukun islam. Rasululloh sholallahu alaihi wa salam bersabda: "Islam dibangun atas 5 perkara; syahadat laa ilaaha illalloh & muhammad rasululloh, menegakkan sholat, menunaikan zakat, pergi haji ke baitulloh dan berpuasa dibulan romadhon"(HR. Bukhori dan Muslim)
=> Ruku Islam, wajib utk diketahui dan kt amalakn, krn rukun islam merupakn sempurnanya Agama Islam kita.
[sms center AL-ILMU]

08 Mei 2012
[Dakwah]
Al Hafizh Ibnu Rojab: "Adapun menyakiti tetangga, mk hal itu diharamkan secara tegas, karena menyakiti tanpa alasan yg dibenarkan adlh diharamkn bagi siapapun dan kpd tetangga menyakitinya sngat diharamkn"(Jami' Ulum wa Hikam, I/343)
=> Jangalah kita menyakiti hati tetangga kita, krn itu perbuatan keji dan jauhilah perbuatan keji dan munkar
[sms center AL-ILMU]

09 Mei 2012
[Dakwah]
Nur Syahid Hafidahullah berkata, "Ketika seorang belajar ilmu agama dengan sungguh-sungguh, maka itu menjadi tanda, bahwa dia adalah seseorang yang berusaha untuk ikhlash"
=> Keikhlasan terbentuk dg niat krn Allah Ta'ala dan bersungguh-sungguh untuk meraih tujuan yg ia capai.
[Buletin Anak islam - Salafush Sholih (edisi 2)]

10 Mei 2012
[Dakwah]
Dari Abdulloh bin 'Amr bin al-'Ash bhw Rasululloh shallallahu 'alaihi wa sallam brsbda: ''Sungguh sngt beruntung sorng yg masuk Islam, kemudian mendptkan rezki yg secukupnya dan ALLAH menganugerahkan kpdnya sifat qona'ah (merasa cukup & puas) dg rezki yg ALLAH berikan kepadanya'' (HR. Muslim 1054)
=> Bahagialah seorg muslim yg mensyukuri nikmat Allah, krn itu mensyukri nikmat Allah merupakan amalan yg mulia.
[sms center AL-ILMU]

11 Mei 2012
[Dakwah]
Allah brfirman : dan prumpamaan kalimat yg bruk spt pohon yg bruk,yg tlh d cabut dg akar-akarnya dr prmukaan bumi,tdk dpt ttap (tegak) sdikit pun.Allah mneguhkan (iman) orang-orang yg briman dg ucapan yg teguh it dlm khidupan di dunia & di akhirat & allah mnyesatkan orang-orang yg lalim & mmperbuat apa yg Dia khendaki.(Q.S Ibrahim : 26-27)
=> Maha benar Allah dengan segala firmannya.
[sms center AL-ILMU]

12 Mei 2012
[Dakwah]
Rasulullah bersbda, or-org yg melukis gambr-gambr akan disiksa pd hri kiamat, kpd mereka difirmankn : Hidupkn apa yg telah kalian ciptakan.[HR. Muslim]
Arti gambr disini adlh gambr mahluk hidup. Utk itu kita tdk blh menggambr mahluk hidup karena dlm riwayat lain,
Rasulullah bersbda, stiap tukng gambr itu akan msuk neraka. Allah akan menjadikan bginya dg stiap gambr yg akn menyiksanya dineraka.[HR. Muslim]
=> Bertaqwalah kpd Allah

13 Mei 2012
[Dakwah]
Dalam kitab shohih dari Utsman Radiallahu'anhu, dia berkata Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yg mati dan dia mengetahui bahwasanya tdk  ada sesembahan yg berhak disembah kecuali Allah ta'ala  maka dia akan masuk surga"
=> Inti dari tauhid adlh "Lailahailallah"
[Kitab 7 Syarat lailahaillah. Hal.3]

14 Mei 2012
[Dakwah]
Dalam kitab shohih dari Utsman Radiallahuanhu, dia berkata Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, "barangsiapa yg mati dan dia mengetahui bahwasanya tidak ada sesembahan yg berhak disembah kecuali Allah ta'ala maka dia akan masuk surga"
=> Kalimat "Lailahailallah" itu lebih berat timbangannya maka kt harus bs mengilmuinya.
[Kitab 7 Syarat lailahaillallah. Hal.3]
[Dakwah]
"Dari Abdhullah bin Amru radhiyallahu'anhuma, bahwa seorang lelaki bertanya kpd Nabi, Amal islam apa yg paling baik ? Beilau bersabda, engkau memberi makan dan menyampaikan salam kpd yg engkau kenal maupun tdk."[HR. Al-Bukhari (12) dan Muslim (39)]
=>Amalan mulia dalam islam diantaranya, Engkau beri makan org lain dan memberi salam.
[sms center AL-ILMU]

15 Mei 2012
[Dakwah]
"Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencitai Allah ikutilah aku niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang"
Katakanlah : Taatilah Allah dan Rasul nya, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tdk menyukai orang-orang kafir" [QS. Al Ilmron:30-32 ]
=> Tanda mencintai Allah maka ia mencintai Rasulullah shalallahu'alaihi was salam.
[sms center AL-ILMU]

16 Mei 2012
[Dakwah]
Rosululloh shalallahu'alaihi was salam brsbda: Tdk seorang mukmin ditimpa (ujian) rasa sakit,kelelahan (kepayahan),diserang penyakit ato kesedihan (kesusahan) sampe-pun duri yg menusuk (tubuhnya),kcuali dg itu Allah akan menghapus dosa2nya.(HR.Bukhari)
=> Kesabaran itu besar manfaatnya, krn sesungguhnya Allah bersama dg org yg sabar.
[sms center AL-ILMU]

17 Mei 2012
[Dakwah]
"Dan Alloh ta'ala pemilik nama-nama yang indah, maka berdo'alah dgn menggunakan nama-nama nya" (QS. Al-Araaf : 180)
=> Sungguh Allah permilik nama yg indah mari kt berdoa dgn menggunakan namanya.
[Buletin Shalafush Sholih. Edisi 1. Hlm :2]

18 Mei 2012
[Dakwah]
 Allah Ta'ala berfirman: "wajah org2 mukmin pda hari itu berseri-seri. Kepada Rabb mrka, mrka melihat."(Al qiyamah:22-23)
Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat rembulan ini, kalian tdk (perlu) brdesakan dalam melihat Nya."
=> Inlah cita-cita Tertinggiku.
[Hadits shahih, muttafaq alaihi]

19 Mei 2012
[Dakwah]
 "Dan sebutlah (nama) Rabbmu dlam htimu dg merendahkan diri dan rasa takut, dan dg tdk mengeraskan suara, di wktu pagi dan sore, dan janganlah km trmasuk org2 yg lalai." (Al a'raf : 205)
=>brkenaan dg dzikir pgi dan petang, imam ibnul qoyyim brkata: "waktunya antara shubuh hga trbt mathari, dan antara ashar hga trbenam mthri." (shahiih al waabilish shayyib)
=Dengan mengingat Allah hati akan lebih tenang.
[TAUSHIYAH_MKI SMAN1G]

20 Mei 2012
[Dakwah]
"Haritsah bin Wahab radhiallahu'anhu : ia berkta :Bhw ia mendengr Nabi bersbd: Maukh klian aku berithu ttg ahli surga? Para sahbt berkta: Mau. Nabi bersbd: Yaitu setip org yang lemah dan melemhkn diri, sendinya ia bersumph demi Allah, psti akn dilksankn. Kmudin beliau bertnya lgi: Inginkh km seklin aku berithukn ttg ahli neraka? Merek menjwb: Mau. Beliau bersbd: Yaitu setip orang yang kejam, bengis dan sombong".(Shahih Muslim. No : 5092).
=> Semoga Allah mendekatkn kt kesurga dan menjauhkn kt dr siksa api neraka.

21 Mei 2012
 [Dakwah]
Apabila kita ditanya :Dimanakah Allah ?
mk jwbn yg benar adlh Allah beristiwa di atas 'Arsy, dan 'Arsy berda di ats langit. Hal ini sebagiman diyakini oleh 4 imam madzhab (Lihat I'tiqad Al Imamil Arba'ah). Brdsrkn byk dalil baik dr Al-Qur'an, As-Sunnah, Ijma' (ksepktn kaum muslimin), krn Allah Ta'ala berfirman : (Allah) Yang Maha Pemurah beristiwa di atas 'Arsy (QS. Thaha: 5)
=> Ketahuillah bahwa Allah Ta'ala berada diatas Arsy dan sungguh tdk ada satu pun zat yg menyerupainya.
[Buletin.muslim.or.id/aqidah/tahukah-kamu-di-manakah-allah]

22 Mei 2012
[Dakwah]
Imam Qotadah berkata: "Sesungguhnya Al Qur-an ini telah menunjukkan kalian penyakit dan obatnya. Adapun penyakitnya adalah dosa, sedangkan obatnya adalah istighfar". (Jami'ul Ulum wal Hikam 2/415, Ibnu Rojab)
=>Ingatlah bahwa Al-Quran besar akan manfaatnya.
[sms center AL-ILMU] 

23 Mei 2012
[Dakwah]
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tiga perkra yg akn mengiringi mayit, yg dua akn kembali dan yang satu akn menetp. Ia akn diiringi oleh keluargnya, hartanya dan amal perbutnnya. Keluarga & hartanya akn kembli dan tinggallah amal perbutannya". (HR. Muslim)
=> Amal perbuatanlah yg akan ditinggalkan pada mayit. Utk itu marilah kita beramal semampu kita. Sesuai ajaran syari'i.

24 Mei 2012
[Dakwah]
Yahya bin Mu'adz berkata, "Rasa takut didlm hati bs tumbuh dr 3 hal, yaitu senantiasa berpikir seraya mengambil pelajaran, merindukan surga lalu memendam rasa cinta (shg smakin bersmgt utk menjalankan ketaatan), dan meningat nereka seraya menambh ketakutan (shg smakin berusaha utk meninggalkan maksiat)".
=>semoga kita bs memiliki ke 3 hal itu dalam hati kita. karena mengunginkan surga dan juh dr neraka.
[Kitab Dahsyatnya Neraka. Hlm :1]

25 Mei 2012
[Dakwah]
Sesungguhnya surga telah diciptakan. Karena
Allah ta'ala berfirman,
"Surga yg telah disediakan utk org-org yg bertaqwa"[QS. Al-Imran : 133]
Sesungguhnya Neraka telah diciptakan. Karena
Allah ta'ala jg berfirman,
"Neraka yg telah disediakan utk org-org yg kafir"[QS. Al-Imran : 131]
=> ingatlah bhwa org yg bertaqwa ~> Surga.
Ingatlah bhwa org yg kafir ~> Neraka.
Ingatlah bhwa Surga dan Neraka sudah ada
=>Kubeharap surga dan jauh dari neraka.
[Kitab Dahsyatnya Neraka. Hlm:2]

26 Mei 2012
[Dakwah]
Allah Ta'ala berfirman, "(Neraka) yang telah disediakan untuk orang-orang yang kafir." (QS. Al Ilmron : 131)
=> Tempat kembalinya orang kafir itu di neraka, maka jaga diri kita dari sifat-sifat orang kafir, dan semoga kt dijaga Allah dlm Islam dan dijauhkn dari kekafiran.
[Kitab Dahsyatnya Neraka. Hlm :2]

27 Mei 2012
[Dakwah]
Allah ta'ala berfirman, "Hari kiamat. Apakah hari kiamat itu ? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu ? Pada hari itu manusia sperti anai-anai yg bertebaran. Dan gunung-gunung seperti bulu yg dihambur-hamburkan." (QS. Al-Qoriah : 1-5)
=> Ingatlah hari kiamat itu pasti datang. Hanya Allah ta'ala yg maha mengetahui. Utk itu marilah kita persiapkan diri kita utk kehidupan Akhiarat yg abadi.
[ Kitab Dahsyatnya Neraka. Hlm:3 ]

28 Mei 2012
[Dakwah]
Rasulullah shalallahu'alaihi wasalam bersabda, "pada hari qiamat matahari akan didekatkan dgn para hamba hingga jaraknya 1 atau 2 mil" (HR. Imam Muslim)
=> wahai saudraku muslim, bgt dhsyatnya hari qiamat. Smpi matahari didektnya pd manusia. yg jalas itu pasti terjadi dgn izin Allah ta'ala, utk siapkan dr kt dan amal kt. Semoga Allah ta'ala mentaqdirkan kt utk bertemu dgn nya disurga.
[ Kitab Dahsyatnya Neraka. Hlm:4 ]

29 Mei 2012
[Dakwah]
"Akan ada 70.000 org yg msk surga tanpa hisab.
Ciri-cirinya sbb :
-org yg tdk meminta ruqyah
-org yg tdk minta diramal
-org yg bertawakal kpd Allah ta'ala.
Ciri diatas terdpt pd hadist shahih Al-Bukhari dan Muslim"
=> marilah kita miliki ke 3 ciri-ciri trsbt. Semoga kita termasuk dlm 70.000 org msk surga tanpa hisab.
Amin....
[ Kitab Tauhid - Syaikh Muhammad at-Tamimi. Hlm : 15 ]

30 Mei 2012
Kuis ke 1 prog sms [Dakwah]
Jwblah soal berikt :
1. Dimana Allah subhanahu wata'ala ?
2. Sebutkan dalil dlm Al-Quran yg menjelskan bhwa surga & neraka telah diciptatkn ?
 3. Sebtkan ciri-ciri org yg msk surga tanpa hisab ?
*Jwbn paling benar dan paling cepat mk ad bingkisn dr program ini. Silhkan dijwb semampunya.
*Info : Insyaallah tema sms [Dakwah] bln ini tetang hal-hal persiapan dlm bln Ramadhan. Agar kitika msk ramadhan kita sudh siap. Insyaallah.
---------------------------------------------- >
Trimaksh ats jwb anda. info pemenang terbaik insyaallah diumumin via sms bsk
Semoga Allah ta'ala memudhkan program sms [Dakwah]

31 Mei 2012
Pemenang Kuis ke 1 sms [Dakwah] => "Akhi Ahmad Fauzi"
* Pembahasan Kuis ke 1
1.  Allah bristiwa di atas Arsy sesuai QS. Toha 5
2.  Al-imron 131 & 133
3. Ciri-ciri org yg msk surga tanpa hisab.
- Org yg tdk minta di roqyah
- Org yg tdk minta diramal
- Org yg bertawakal kpd Allah Ta'ala

0 komentar:

Posting Komentar

Dipersilahkan antum untuk memberikan commentar atas website ini, silahkan, . .

 

Mutiara Ilmu

Butir-Butir Hikmah